BAB I

PENDAHULUAN

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini berkembang dengan pesat, terlebih jika membuat tugas akhir sekolah akan membutuhkan ilmu yang banyak agar dalam membuat tugas akhir tersebut tidak mengalami hambatan dan kesalahan-kesalahan kecil yang dapat berpengaruh besar. Untuk itu pembelajaran dan buku-buku referensi dahulu dan ilmu yang pernah maupun yang belum didapat, wajib untuk dibaca kembali.

Hal tersebut bertujuan agar dalam pembuatan tugas akhir sekolah ini dapat benar-benar menghitung dan merencanasecara tepat, agar tidak ada kesalahan dalam pembelian maupun penggunaan bahan.Sebagai bukti otentik yaitu berupa barang bahwa telah menyelesaikan tugas akhir sekolah, dalam bentuk benda kerja yang telah selesai, tetapi sebagai bukti tertulis dan salah satu syarat yang juga harus dipenuhi adalah dapat menyelesaikan juga laporan hasil dari pembuatan tugas akhir sekolah.

 

1.1         Latar Belakang Tugas Akhir Sekolah

Dalam era globalisasi ini banyak industri yang menggunakan mesin-mesin canggih sebagai pengganti manusia untuk mengerjakan hal-hal sulit diluar batas kemampuan manusia, untuk mengerjakan barang dengan cepat, banyak dalam waktu yang singkat juga memiliki kualitas dan kuwantitas yang baik serta ketelitian tingkat tinggi. Oleh karena itu para pekerja dituntut tidak hanya mempunyai skill saja, tetapi juga mempunyai banyak pengetahuan tentang teknologi dunia industri yang semakin maju dengan ditemukannya teknologi-teknologi baru akhir-akhir ini.

Mereka akan ditempatkan sebagai operator untuk mengoperasikan mesin apabila kinerja mesin menurun atau mengalami kerusakan serta dapat memperbaiki atau mendiaknosa kerusakan lalu melakukan perbaikan. Teknologi semacam ini tidak hanya digunakan Negara-negara maju saja, tetapi juga digunakan di Negara-negara berkembang, seperti halnya di negara tercinta ini Negara Indonesia.

Teknologi yang maju seperti saat ini di Negara Indonesia, banyak digunakan untuk menunjang Program Pembangunan Nasional. Untuk mewujutkan keadaan tersebut banyak cara dilakukan industri dan pemerintah diantaranya yaitu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta mematok atau membuat ukuran minimal sebagai syarat untuk dapat bekerja. Hal ini bertujuan agar dapat menciptakan pekerja yang professional dan berkualitas.

“kapan seseorang dapat dikatakan professional?” Pada dasarnya professionalisme seseorang dapat diukur dari unsure ilmu pengetahuan dan ilmu teknik yang dimiliki. Kiat unsure ilmu pengetahuan dan teknik adalah suatu unsure yang dapat dipelajari yaitu melalui pelajaran-pelajaran di lembaga pendidikan dan juga dapat melalui buku-buku pengetahua yang dibaca. Sedangkan unsur kiat adalah suatu unsure yang tidak dapat diajarkan seperti halnya ilmu pengetahuan dan teknik. Akan tetapi dapat diperoleh secara langsung melaluhi pelaksanaan suatu bidang kerja sesuai profesi itu sendiri.

Selanjutnya penguasaan keahlian tersebut bisa juga kita dapatkan pada saat membuat tugas akhir sekolah. Pembuatan tugas akhir sekolah ini dapat meningkatkan penguasaan dan keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan menjadi lebih baik. Harapan utama dari pembuatan tugas akhir ini disamping siswa membuat tugas untuk dinilai, siswa dapat mengulang ilmu yang didapat dan tidak didapat sewaktu di kelas 1,2, dan 3. Harapan tersebut dapat diwujutkan apabila siswa dapat menyerap ilmu yang diberikan guru pembimbingnya secara baik.

1.2         Tujuan Pembuatan Tugas Akhir Sekolah

Tujuan yang diharapkan oleh dunia akademis dalam pembuatan tugas akhir sekolah ini adalah :

1.             Menjelaskan cara kerja pembuatan mesin roll pipa.

2.             Menjabarkan besar biaya pembuatan mesin roll pipa.

3.             Menjelaskan sistematika kerja mesin roll pipa.

4.             Sebagai bahan referensi sekolah dan siswa, jika suatu saat laporan ini diperlukan untuk suatu hal.

5.             Sebagai syarat dan sarana untuk menempuh Ujian Akhir Sekolah (UAS) tahun ajaran 2010/2011 di SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang.

1.3         Ruang Lingkup

Pelaksanaan pembuatan tugas akhir sekolah dimulai 03 Januari 2011 sampai dengan 31 Maret 2011. Tempat pembuatan tugas akhir sekolah untuk siswa kompetensi keahlian teknik permesinan adalah di bengkel kompetensi keahlian Teknik Permesinan SMK N 7 Semarang.

1.4         Alasan Pemilihan Judul

Laporan ini berjudul “PEMBUATAN MESIN ROLL PIPA”. Disini diuraikan apa yang dimaksud dengan mesin roll pipa, bagaimana dan untuk apa serta diuraikan pula bagaimana proses kerja serta perakitan mesin ini.

1.5         Tujuan Penyusunan Laporan

Setelah melaksanakan dan menyelesaikan pembuatan tugas akhir sekolah, siswa diwajibkan untuk membuat sebuah laporan yang berisi tentang proses dan cara pembuatan mesin yang dibuat. Tujuan penulisan laporan yang berupa karya tulis ini adalah :

1.      Menerapkan seluruh teori dan praktek yang telah siswa dapat serta pelajari selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga dapat menjadikan ketrampilan siswa berkembang.

2.      Memberikan siswa pandangan bagaimana bekerja dengan orang lain dalam kondisi yang sebenarnya.

3.      Mengajarkan kepada siswa bagaimana menyelesaikan suatu mesalah dengan jalan kerja tim.

4.      Merupakan wahana atau lahan untuk menambah wawasan serta pengetahuan siswa.

1.6         Pembatasan Masalah

Untuk menghindari pembahasan yang berbelit-belit dan menyamakan persepsi, maka perlu adanya suatu pembatasan masalah di dalam penulisan masalah ini. Adapun hal-hal yang akan dibahas meliputi cara kerja, pembuatan, fungsi, dan kelebihan mesin.

1.7         Metode Pengumpulan Data

1.             Metode Interview

Metode ini berguna sebagai langkah untuk mencegah adanya kesalahan ataupun kekeliruan data, maka diadakan tanya jawab langsung kepada guru-guru pembimbing yaitu Sirto dan Chandra. Sebagai tambahan, dilakukan tanya jawab dengan Marno mekanik bengkel Han Material di PKL Barito.

2.             Metode Observasi

Dalam metode ini data dikumpulkan melalui pengamatan secara langsung terhadap mesin roll pada bengkel Han Material dan mempraktekkan mengoperasikan mesin roll pipa.

3.             Metode Literatur

Dalam metode ini data dikumpulkan melalui buku-buku mekanika pemesinan yaitu:

  1. Buku Mekanika Teknik Mesin I, penulis Drs. Soemadi dan Drs. Nazwir.
  2. Buku Mekanika Teknik Mesin II, penulis Drs. Sumarla D. S.
  3. Buku Bagian-bagian Mesin I, penulis Drs. Moch. Raffei dan Ir. Suarpraja Tedja
  4. Buku Bagian-bagian Mesin II, penulis Drs. Solih Rohyana.

1.8         Sistematika Penulisan Laporan

Uraian hasil praktek kerja industri digunakan untuk penyusunan laporan dengan penulisan sebagai berikut :

BAB I          PENDAHULUAN

Berisikan latar belakang masalah, tujuan pembuatan tugas akhir sekolah, ruang lingkup, alasan pemilihan judul, tujuan penyusunan laporan, pembatasan masalah, dan metode pengumpulan data.

BAB II         TINJAUAN TEKNIK

Bab ini berisi tentang latar pengertian mesin, fungsi, cara kerja, bagian-bagian utama dan fungsinya serta perawatan mesin.


 

BAB III       PERHITUNGAN DAN PERENCANAAN

Bab ini berisi tentang perhitungan pembuatan benda mulai dari perhitungan mekanik dan juga perhitungan biaya.

BAB IV       PEMBAHASAN

Bab ini menguraikan sekilas gambaran tentang pembuatan dan perakitan mesin roll pipa.

BAB V         PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan yang di dapat dari hasil analisa serta saran-saran berdasarkan pembuatan tugas akhir sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN