Pada dasarnya,terdapat hubungan yang saling menguntungkanantara dunia industri dan dunia akademis.Dimana dunia industri menyediakan lapangan pekerjaan dengan berbagai jenis permasalahannya dan dunia akademis menyediakan sumber daya yang diharapkan mampu untuk memcahkan permasalahantersebut dengan berbagai macam pendekatan.
Dengan Tehnologi yang semakin maju,khususnya dibidang industri,maka dunia akademis dituntut untk dapat mengimbanginya,dengan mencetak calon tenaga kerja yang mempunyai ketrampilan dan pengetahuan yang cukup agar dapat menyesuaikan diri dengan tehnologi yang digunakan di dalam dunia industri.
Adanya ketidakselarasan antara dunia akademis dan dunia industri riil dapat dijembatani dengan adanya kegiatan yang saling mendukung dan memberikan saling menguntungkan.Langkah yang dapat ditempuh adalah dengan adanya praktek kerja industri (prakerin ) yang dilakukan oleh dunia akademis ke dunia industri.
Dengan melaksanakan prakerin seorang siswa dapat merealisasikan ilmu yang telah didapatkannya selama di sekolahan dan sekaligus menimba ilmu serta menjadi seorang yang terampil,memiliki etos kerja yang tinggi,disiplin,bertanggung jawab dan professional.