BAB II

TINJAUAN TEKNIK

2.1         Pengrtian Mesin

Mesin roll pipa atau bisa disebut mesin bengkok pipa adalah mesin yang pada umumnya digunakan pada perusahaan fabrikasi atau perusahaan yang membuat trails, pagar rumah dan sebagainya. Mesin roll pipa berfungsi untuk membengkokkan lonjoran pipa sehingga membentuk radius. Mesin ini bekerja dengan sistem dua penumpu dan satu penekan ditengah. Mesin ini dapat digunakan untuk beberapa jenis ukuran diameter pipa dan beberapa ukuran pipa kotak, as kotak dan siku.

2.2          Spesifikasi Mesin

Mesin roll pipa ini menggunakan sistem manual yaitu dengan menggunakan handle putar. Mempunyai matras dengan spesifikasi matras dua alur untuk pipa Ø 1 inchi dan Ø 1.5 inchi. Sedangkan untuk pipa diameter diluar diameter tersebut, matras dapat diganti sesuai dengan yang dikehendaki.

2.3         Cara Kerja Mesin

Secara singkatnya, cara kerja pengerollan adalah dengan dua buah tumpuan di bagian ujung pipa, diberikan satu gaya tekan dari atas ke bawah pada bagian tengah pipa.  Dengan menggunakan dua buah matras (dudukan) sebagai dudukan pipa, dan satu matras penekan. Setelah batang pipa silinder diletekan diatas kedua matras putar,  menekan  pipa ke arah bawah dengan cara memutar ulir pengatur sehingga memperoleh batang pipa berbentuk silinder.
        

2.4         Bagian-bagian Utama Mesin

Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang bagian-bagian penyusun pada mesin roll pipa serta fungsi dari bagian penyusun tersebut.

  1. Meja roll pipa

Meja roll pipa berfungsi sebagai penopang semua komponen.  Meja ini terbuat dari besi plat siku dengan tebal 6 mm.

  1. Matras roll

Yang dimaksudkan matras pada mesin ini adalah dudukan (landasan) untuk pipa yang akan melalui proses pengerjaan dengan menggunakan mesin roll pipa ini. Matras pada mesin ini berjumlah 3 buah matras yang sama bentuk dan ukurannya, hanya saja berbeda fungsinya. Matras atas (matras tekan) berjumlah satu buah, berfungsi sebagai penekan pipa. Dan kedua matras yang lainnya berfungsi sebagai dudukan pipa.

  1. As dudukan matras putar

As ini berjumlah 2 buah. As yang dibuat dari besi as ST 60 ini berfungsi sebagai dudukan matras, dan juga sekaligus dudukan handle.

  1. As dudukan matras tekan

As ini berfungsi sebagai dudukan matras tekan. Bahan yang digunakan untuk membuat as ini adalah besi as ST 60. As ini tidak mengikuti putaran matras karena hanya difungsikan sebagai poros saja.

  1. Ulir pengatur matras tekan

Ulir yang terbuat dari besi as ST 60 ini berfungsi sebagai pengatur tinggi matras tekan untuk mengatur radius lengkungan pipa yang dikehendaki. Pada ujung atas batang ulir ini diberi lubang untuk handle pemutar ulir. Dan ketika handle diputar maka dudukan matras atas yang telah menempel pada batangan ulir ini akan bergerak keatas atau kebawah sesuai dengan arah ulir ini.

  1. Dudukan as matras tekan

Sebagai tempat untuk meletakkan matras tekan. Dibuat dari besi strip tebal 1 cm. Dudukan ini berfungsi sebagai tempat meletakkan bushing untuk tempat bearing. Bearing tersebut untuk menopang as untuk matras. Dudukan ini juga disatukan dengan ulir pengatur ketinggian matras atas.

  1. Handle Putar

Handle putar berfungsi sebagai pegangan untuk memutar as matras putar (matras dudukan).

  1. Ulir Dalam Pengatur Matras Atas

Komponen ini berfungsi sebagai penahan ulir pengatur. Terbuat dari besi cor yang dicetak.

gambar 2.2

Gambar 2.2 Ulir dalam pengatur matras atas

  1. Dudukan Ulir Dalam

Berhubung ulir dalam yang digunakan dibuat dari besi cor, maka tidak memungkinkan untuk dapat disatukan dengan las. Maka dibuat sebuah dudukan untuk ulir dalam tersebut. Terbuat dari besi ST 60.

  1. Penyeimbang dudukan matras atas

Bagian ini temasuk gabungan dari rangkaian meja mesin. Komponen ini berfungsi sebagai penahan sekaligus penyeimbang dudukan matras.